Kota Yang Jarang Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Setiap orang tentu ingin mempunyai tempat tinggal yang aman dan nyaman. Aman yang artinya disini tidak hanya jauh dari kasus kriminal, tetapi aman juga dari kecelakaan dan semua jenis peristiwa lalu lintas. Dari penilaian Adira Insurance melalui Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2016, terdapat dua kota di Tanah Air yang pada saat ini tata letak kota paling bagus dan jarang terjadi kecelakaan, yakni kota Balikpapan dan Surabaya.

Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance, mengungkapkan kegiatan IRSA bukan hanya sebagai sebuah penghargaan, tetapi hal ini adalah sebuah evaluasi penerapan tata untuk kelola keselamatan di jalan bagi semua finalis IRSA, tanpa terkecuali. Dirinya juga mengharapkan, acara IRSA itu dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi semua pemerintah kota dan juga kabupaten, jadi penerapan tata untuk kelola keselamatan jalan di Indonesia akan semakin lebih baik setiap tahunnya.

“Semoga ikatan kita juga akan terus terjaga, jadi setiap masyarakat dapat terus berusaha untuk menjaga keselamatan di jalan dan angka kecelakaan akan semakin kecil,” ungkap Indra, Selasa, 6 Desember 2016.

Total dari 110 kota dan kabupaten yang tergabung dalam program ini, sebanyak 17 kota dan kabupaten yang jadi finalis dan yang dipilih berdasarkan dari data keselamatan jalan, seperti jumlah penduduk, kendaraan, kecelakaan, panjang jalan, fatalitas, serta data pendukung lainnya.

Akhirnya, Surabaya adalah pemenang utama pada kategori kota dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa. Sementara untuk kota yang jumlah penduduknya di bawah 1 juta jiwa dimenangkan oleh Kota Balikpapan, dan juga menang pada kelima pilar itu.