Yahoo Jepang Bantu Jual Gading Gajah?

Belum lama ini pihak Yahoo Jepang mendapatkan sejumlah kecaman secara terus menerus yang datang dari sejumlah penggerak lingkungan hidup disana. Perihal utama yang melahirkan berbagai kecaman tersebut nyatanya ialah dugaan menjual gading gajah yang telah berjalan hingga beberapa tahun. Mirisnya sudah dua tahun ini pihak Yahoo Jepang seakan memfasilitasi transaksi penjualan gading gajah yang sudah mencapai angka 12 ton dengan cara online.

Tidak aneh jika Yahoo Jepang sekarang memperoleh petisi dari aktivis lingkungan bersama Avaaz yang menunjukkan bentuk kecaman mereka dengan mengadakan penggalangan tanda tangan yang kini sudah terkumpul sebanyak 1,1 juta pastisipan yang mendukung mereka. Transaksi penjualan gading gajah tersebut memang sangat wajar jika memunculkan sejumlah polemic sebab untuk mendapatkan gading itu sendiri harus mengorbankan gajah dengan mesti dibuh terlebih dahulu.

Tindakan itulah yang kini membuat populasi hewan super besar tersebut terancam punah. Yang lebih miris lagi pihak Yahoo Jepang seolah-olah tutup mata akan tindakan transaksi illegal tersebut. Pihak Yahoo Jepang berdalih bahwa mereka tak punyai hak buat melakukan kontrol website lelang gading gajah di Jepang.

Selain itu mereka berpendapat bahwa gading gajah yang dipasarkan di website tersebut cuma gading gajah palsu atau sekedar hiasan saja, bukan gading gajah asli dari perburuan liar. Oleh lantaran itu, pihak Yahoo Jepang berjanji apabila pihaknya akan membatalkan transaksi jual beli gading tanpa izin di laman mereka.