Virus Baru Terdeteksi Pada Perangkat Android

Suatu kelompok beranggotakan pakar keamanan cyber dari perusahaan antivirus Rusia, Doctor Web, belum lama ini memaparkan jika ada banyak game yang terdapat di Google Play Store bersemayam virus Trojan yang sanggup melakukan pencurian data. Doctor Web beranggapan bahwa virus tersebut masuk terhadap gambar yang ada kepada file game yang membuatnya tak gampang dilacak. Virus dengan nama Android.Xiny.19.origin. itu disebut telah menyerang pada 60 game berbasis Android.

Sejumlah game yang telah terpasangi virus ini dapat terjadi dengan normal, hasilnya kecurigaan konsumen juga mampu diminimalisir. Di sudut lain, ketika game ini dijalankan, si virus Trojan bakal menghimpun data konsumen sejak mulai dari kode IMEI ponsel pintar, operator seluler, negeri, kategori bahasa, dan OS yang digunakan.

Lebih lanjut, virus Trojan bisa menciptakan aplikasi yang telah terinfeksi menampilkan iklan yang di inginkan, termasuk juga menginstal atau menghapus aplikasi lain dengan cara diam-diam kalau telpon pintar telah di-root. Pembuat virus tersebut kemungkinan besar dibuat dengan rancangan system pertahanan yang kerap tak diperhatikan oleh analisa keamanan cyber, yaitu melalui gambar, catat Doctor Web melalui blog resmi mereka.

Doctor Web sendiri telah membuat laporan terkait keberadaan virus merugikan tersebut kepada pihak Google, kemungkinan keamanannya bakal diperbaharui yang langsung muncul di periode depan.