Uji Pesan Berantai Dari Whatsapp

Jakarta : WhatsApp tengah menguji feature baru yang mempunyai tujuan membatasi penebaran pesan hoaks berantai.

Feature ini, yang diketemukan oleh Whatsappen. ni serta WABetaInfo, juga akan memperingatkan pemakai kalau pesan-pesan spesifik sudah ” diantar berkali-kali “.

Peringatan ini, yang juga akan diperlihatkan pada pengirim serta penerima, tidak menyebutkan apakah satu pesan adalah hoaks atau bukanlah. Tetapi, pemberitahuan itu juga akan jadi pengingat pada pemakai kalau pesan yang mereka terima atau juga akan kirimkan belum juga pasti benar.

Satu diantara contoh pesan hoaks berantai yang mungkin saja juga akan diikuti oleh feature ini yaitu mengenai WhatsApp sebagai pelaksanaan berbayar serta Anda cuma dapat memakainya dengan gratis bila Anda mempunyai sebagian orang yang Anda ajak obrol dengan teratur.

Tetapi, seperti yang dijelaskan oleh The Next Situs, masih tetap belum juga terang dimanapun WhatsApp menguji feature ini. Diluar itu, masih tetap belumlah ada kepastian kalau WhatsApp juga akan jadikan feature ini jadi feature permanen

Satu hal yang tentu, WhatsApp selalu berupaya untuk memerangi hoaks serta pesan berantai di aplikasinya. Memanglah, pesan bohong berantai adalah problem besar di WhatsApp, terlebih di sebagian negara seperti India.

Anda pasti juga sempat memperoleh pesan berantai yang kebenarannya menyangsikan di WhatsApp, baik lewat group chat atau lewat pesan pribadi.

Menariknya, cara WhatsApp untuk menumpas hoaks relatif lembut. Mereka cuma mengingatkan pemakai juga akan peluang kalau pesan yang mereka terima atau kirimkan yaitu pesan hoaks.

Berlainan dengan Facebook yang hadapi berita palsu lewat cara yang lebih frontal. Facebook bekerja bersama dengan organisasi ke-3 yang mengecek kebenaran satu berita serta menandai satu post yang dicurigai jadi hoaks. Disamping itu, WhatsApp cuma memberitahukan pemakai kalau satu pesan sudah ” diantar berkali-kali. ”

Mungkin saja, WhatsApp mengambil cara yang lebih lembut ini dengan belajar dari pengalaman Facebook. Kerja keras Facebook untuk memerangi hoaks malah jadi senjata makan tuan serta menguatkan keyakinan orang yang telah yakin dengan berita palsu.