Seorang WNI 69 Tahun Meninggal Dunia di RS Malaysia Gara-gara Ini

Seorang WNI 69 Tahun Meninggal Dunia di RS Malaysia Gara-gara Ini – Seseorang wanita asal Indonesia (WNI) wafat karena rabies dalam suatu rumah sakit di Kuching, Sarawak, Malaysia. Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH) mengatakan WNI itu tidak terinfeksi rabies di Malaysia.

Bukti diri WNI yang wafat itu tidak dimaksud selanjutnya. Cuma dimaksud WNI itu berumur 69 tahun.

Rabu (19/12/2018), Direktur Jenderal Kesehatan pada MOH, Dr Noor Hisham Abdullah, mengatakan jika WNI itu digigit anjing peliharaannya di kaki samping kiri pada September lantas saat ada di Indonesia.

Dijelaskan Dr Noor Hisham jika WNI itu sudah sempat memperoleh perawatan medis di Indonesia, akan tetapi tidak dimaksud selanjutnya wilayahnya.

“Akan tetapi, kondisinya lebih buruk serta ia lalu dibawa ke satu rumah sakit swasta di Kuching serta dirawat di Unit Perawatan Intens,” ucapnya.

“Sayangnya, ia wafat pada 17 Desember serta hasil tes laboratorium yang di terima pada 18 Desember mengatakan positif rabies,” jelas Dr Noor Hisham dalam pengakuannya.

Alat lokal Malaysia, Utusan Borneo Online, sudah sempat memberikan laporan jika seseorang masyarakat Indonesia korban rabies wafat di Kuching sesudah digigit anjingnya seputar tiga bulan kemarin.

Ditambahkan Dr Noor Hisham jika masalah WNI ini tidak dimasukkan dalam statistik wabah rabies di Malaysia sebab pasiennya digigit di Indonesia.

Selama ini, ucap Dr Noor Hisham, masalah rabies di Sarawak selama ini sampai 16 masalah semenjak wabah rabies dideklarasikan pada 1 Juli 2017. Dari 16 masalah, sekitar 15 masalah berbuntut kematian.

Dr Noor Hisham mengatakan jika masalah rabies yang menerpa seseorang WNI ini sudah diberitakan pada Kementerian Kesehatan RI lewat International Health Regulations (IHR) Focal Poin Malaysia-Indonesia. Ditekankan Dr Noor Hisham, MOH akan bekerja bersama dengan pemerintah lokasi Sarawak, Departemen Service Hewan serta otoritas Indonesia untuk mencegah penyebaran rabies pada anjing, terutamanya di lokasi perbatasan.