Satu Warga India Tewas Akibat Meteroid

Meteorit pada dasarnya miliki potensi merusak bila jatuh ke bumi. Tetapi tidak hanya dinosaurus, meteorit kebanyakan tak pernah mengancam nyawa makhluk hidup, termasuk juga manusia. Tapi kali ini anggapan tersebut terpatahkan. Pada akhir pekan lalu dilaporkan suatu meteorit jatuh dan meledak pada halaman sekolah mesin yang terletak di Tamil Nadu, India yang mengakibatkan sejumlah barang di sekolah mengalami rusak-rusak. Insiden itu setidaknya mengakibatkan tiga orang cidera serta satu orang petugas meninggal dunia.

Hantaman meteoroid tersebut terlihat dari lubang bekas yang ditinggalkannya dengan bentuk layaknya kawah kecil dengan kedalaman mencapai 60 cm. Pada mulanya, pihak sekolah tak mengetahui penyebab ledakan tersebut. Akan tetapi polisi langsung memberikan konfirmasi bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh hantaman suatu benda dari langit.

Beberapa sisa benda yang diduga meteoroid itu pun kini diamankan pihak kepolisian guan dilakukan penelitian lebih lancut dengan cara ilmiah. Awalnya diduga benda yang jatuh tersebut merupakan bagian dari pesawat ruang angkasa yang meledak dan jatuh ke bumi. Insiden hantaman meteoroid maupun benda langit lainnya, sejatinya amat jarang berlangsung, apalagi lagi sampai merenggut nyawa seorang.

Perihal ini lantaran sebahagian besar permukaan Bumi tertutupi oleh air, dan terdapat banyak sekali tempat di Bumi yang tak ditempati oleh manusia. Sehingga bakal amat jarang jatuhnya meteorit berdampak kepada manusia hingga merenggut nyawa. Kejadian serupa terakhir kali terjadi di Rusia tahun 2013 silam.