Salah Satu Penyebab Timbulnya Kanker Adalah Stres

Kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Pada tiap tahunnya jumlah penderita kanker terus meningkat. Gaya hidup yang kurang baik dan tuntutan kehidupan yang makin meningkat membuat kanker menjadi lebih rawan menyerang pada usia muda. Dokter Spesialis Anestesi asal Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof. dr. Darto Satoto, SpAn(K) menjelaskan, cara untuk terhindar dari penyakit kanker adalah dengan cara mengindari hidup yang tidak cocok dengan alam.

“Misalnya, seperti makanan saat ini yang banyak makanan adalah junk food, atau makanan yang banyak mengandung logam berat. Lain dari itu, hindari juga pola hidup yang salah seperti merokok,” kata Prof. Darto, ketika ditemui di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, Rabu 7 Desember 2016.

Selain gaya hidup, keadaan lingkungan seperti polusi udara juga sangat mempengaruhi sebagai biang keladi penyebab timbulnya kanker, dan juga pengelolaan rasa stres yang kurang baik. Menurut Prof. Darto, stres merupakan salah satu penyebab terbesar hadirnya penyakit kanker. “Makanya jangan terlalu stres, di buat santai saja. Jangan terlalu serius ketika berhadapan dengan sesuatu,” ungkapnya.

Pada kebanyakan orang, kanker dapat menimbulkan rasa nyeri yang kuat. Selain terapi layaknya kemoterapi, keadaan psikis seperti stres dapat memicu rasa nyeri yang tidak tertahankan. Apalagi, kalau sudah terjadi metastasis atau penyebaran pada tulang belakang, sakit yang dihasilkan akan sangat besar sekali.