Ruas Jalan Nasional Ponorogo-Pacitan Ambles Sepanjang 200 Meter

Ruas Jalan Nasional Ponorogo-Pacitan Ambles Sepanjang 200 Meter – Ruas jalan nasional Ponorogo-Pacitan yang ada pas di Dusun Bukul KM 227, Desa Wates, Kecamatan Slahung, amblas. Jalan itu amblas selama 200 mtr. dengan kedalaman 50 cm sampai 1 mtr.. Pengendara yang ingin melalui jalan ini, praktis cuma dapat lewat separuh tubuh jalan.

Masyarakat seputar yang lihat peristiwa ini juga tidak tinggal diam. Bergotong royong mereka berupaya tutup jalan amblas itu dengan memakai tanah.

“Banyak pengendara yang prihatin melalui sini, pada akhirnya masyarakat berinisiatif menambal jalan dengan tanah,” papar satu diantaranya masyarakat Widodo (45), Senin (1/4/2019).

Menurut dia, jalan amblas ini terjadi semenjak awal tahun kemarin serta diperparah waktu musim hujan. Mulai muncul retakan-retakan di jalan serta makin hari makin lebar sampai amblas.

“Masyarakat mujur tidak ada yang terdampak akan tetapi cemas dengan pengendara yang melintas ditambah lagi ini jalan penghubung pada Ponorogo-Pacitan,” paparnya.

Widodo menerangkan semenjak 3 hari paling akhir jalan amblas ini makin melebar serta dapat membahayakan pengendara yang melintas. Harapannya dengan ditutup tanah, kendaraan berat dapat melewati jalan ini tanpa ada cemas kecelakaan.

“Bukit diatas jalan ada yang tanahnya ambles, kedalamannya pada 50 cm sampai 4 mtr. selama 150 mtr.. Pada akhirnya merembet ke jalan raya yang berada di bawahnya,” jelas ia.

Sesaat Pengawas Bina Marga Sartono memberikan pada Senin (4/3) lantas pihaknya sudah mengecor pada bagian jalan yang amblas itu. Tetapi upayanya percuma karena terdapatnya sumber air yang mengalir di tubuh jalan membuat jalan yang telah dicor amblas kembali.

“Keseluruhan ada 5 titik yang amblas, selama 200 mtr.,” tutur ia.

Pihak Balai Besar Penerapan Jalan Nasional (BBPJN) yang diwakili oleh Imam Safii memberikan pihaknya sekarang menanti hasil riset serta pengkajian susunan tanah sebelum lakukan perbaikan. Lihat situasi tanah yang masih tetap gerak serta labil.

“Ditambah lagi diatas kan ada retakan pula, jadi di teliti dahulu seperti apa perbaikannya agar tidak amblas kembali,” tukasnya.

Sesaat Kapolsek Slahung AKP Paidi memberikan dianya bekerja mengendalikan arus jalan raya. Karena, banyak pengendara yang belum tahu situasi tubuh jalan yang amblas.

“Kita membuka tutup jalan, agar aman. Kita harap selekasnya diperbaiki supaya tidak makin kronis amblasnya,” pungkasnyap