Proses Penuaan Dapat Diperlambat Dengan Brokoli?

Selain protein dan vitamin yang ada di dalam kandungannya, dalam sebuah studi baru mengungkapkan, bahwa brokoli ternyata bisa memperlambat proses penuaan.

Seriring dengan bertambahnya usia, mulai muncullah tanda-tanda penuaan, namun The Washington University School of Medicine dan didalam jurnalnya Cell Metabolism, melakukan percobaan dengan suatu enzin yang terpadat pada sayuran hijau, yang ternyata dapat memperlambat proses penuaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tikus sebagai uji coba.

Saat dilakukan uji coba pada seekor tikus tua, efek dari enzim tersebut dapat memberikan energi bagi kulit dan penurunan terhadap berat badan. Lama kemalaman kadar gula darah yang terkandang pada tubuh tikus tersebut dan penglihatannya semakin meningkat. Enzin ini disebut nikotinamida mononukleotida (NMN). 

“Dengan bertambahnya usia, diharapkan penelitian ini bisa membantu mereka agar tetap sehat. Sama seperti tikus, sel manusia bergantung pada produksi energi,” kata Shun Ichiro Imai, salah satu peneliti. 

Jika hal dapat berjalan, maka mengkonsumi brokoli secara rutin bisa memperlambat proses penuaan dan beberapa penyakit lainnya terkait dengan bertambahnya usia.