Polisi Sita Ribuan Kosmetik Ilegal dari Jakarta

Polisi Sita Ribuan Kosmetik Ilegal dari Jakarta – Polisi mengambil 1.456 item kosmetik ilegal lantaran tak miliki izin dari seseorang wanita di Sampit, Kalimantan tengah. Kosmetik itu diperoleh pemeran berinisial LS dari Jakarta.

“LS adalah ibu rumah-tangga yg bertempat di kompleks Perumahan Bosanova Indah Nomer 15, Jalan KH Dewantara, Kelurahan Baamang Tengah, Sampit,” kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Mohammad Rommel di Sampit, Senin (28/1/2019).

Ia mengemukakan, dari tangan LS, polisi mengamankan tanda bukti 63 model produk dengan keseluruhan 1.456 item kosmetik ilegal atau mungkin tidak miliki izin edar. Berdasar pada info terduga, barang kosmetik bermacam brand itu didapatnya dari lokasi Jakarta dengan pembelian skema online.

“Kosmetik itu dipasarkan kembali secara online ikut, serta beberapa konsumen atau pelanggannya beli dengan ada langsung ke rumah terduga,” jelasnya.

Di depan polisi, LS mengakui jual kosmetik itu dalam dua tahun paling akhir. Serta belumlah ada aduan dari pelanggannya.

“Modal awal terduga berjualan kosmetik ilegal itu sebesar Rp 10 juta. Tapi saat ini omzetnya sampai beberapa ratus juta rupiah,” jelas Rommel.

Selanjutnya Rommel mengemukakan, dalam perkara itu, terduga dijaring Clausal 197 Undang-Undang RI Nomer 38 Tahun 2009 terkait Kesehatan Clausal 106 ayat (1) dengan pidana penjara sangat lama 15 tahun serta denda sangat banyak Rp 1,5 miliar.