Pneumonia Bisa Menyerang Anak Apabila Sang Ayah Merokok

Merokok tidak hanya membahayakan diri kita sendiri tapi juga membahayakan orang-orang yang ada di sekitar kita. Bahkan apabila seorang ayah merokok maka sang anak akan mudah terserang penyakit pneumonia atau penyakit paru-paru.

Prof. dr. Cissy Kartasasmita, SpA (K) merupakan dokter spesialis respirasi anak mengatakan bahwa sering ditemukan kasus anak terserang penyakit pneumonia dan ternyata ayahnya sering merokok di rumah. “Memang merokoknya di luar rumah, namun bajunya masih berbau rokok, setelah itu masuk kedalam rumah dan menggendong bayinya. Zat-zat yang melekat di baju kemudian terhirup sang bayi,” kata dr Cissy dalam diskusi di Jakarta, Sabtu 12 November 2016.

Dia memaparkan, zat beracun yang berasal dari rokok, yang terhirup sang anak secara tak sengaja akan merusak keseimbangan daya tahan di paru-paru. Awalnya, zat yang berbahaya dari rokok tersebut akan merusak rambut halus yang mempunyai fungsi menyaring benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Apabila sering terkena asap rokok, maka fungsi rambut halus itu bisa terganggu.

Anak akan mudah terserang oleh bakteri penyebab Pneumia tersebut. Sistem kekebalan anak-anak yang masih di bawah usia lima tahun sangat rentan dan belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat layaknya orang dewasa. Selain hal itu, jika tidak mendapat ASI eksklusif anak juga lebih berisiko menderita pneumonia, paparan polusi udara, kurang gizi, berat badan lahir rendah, hingga tidak imunisasi.