PM Australia Berjumpa Kanselir Jerman Di KTT G20

PM Australia Berjumpa Kanselir Jerman Di KTT G20 – Menjadi perdana menteri Australia yang baru beberapa waktu menjabat, Scott Morrison nampaknya dapat memaafkan Kanselir Jerman Angela Merkel, yang lakukan studi singkat sebelum pertemuan pertama mereka.

Waktu kedua-duanya duduk bersama dengan di KTT G20 dalam pembicaraan di muka wartawan, camera tangkap Merkel membaca catatan mengenai PM Morrison. Kertas catatan itu ikut berisi photo Morrison.

Beberapa pirsawan yang memerhatikan lewat tv menanggapinya dengan geli, termasuk juga di Australia, menurut beberapa laporan.

Akan tetapi walau Angela Merkel ‘tertangkap basah menyontek,” ke-2 pemerintah, Australia serta Jerman tidak menganggap menjadi momen membuat malu buat siapa juga.

“Dari pihak kanselir Angela Merkel, tidak disangsikan kembali … mereka cuma pastikan jika kanselir mendapatkan pembekalan yang pas,” kata Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham pada wartawan.

Simon Birmingham menjelaskan adalah perihal yang biasa jika kertas instruksi semacam itu diperlengkapi photo dan biografi singkat.

Akan tetapi, banyak yang menyebutkan, adegan yang tertangkap camera itu terlihat cukup canggung.”Siapa ini? Orang Australia mungkin dapat terasa senasib dengan kesusahan yang ditemui Angela Merkel,” demikian bunyi headline di The Sydney Morning Herald.

Morrison jadi perdana menteri Australia pada Agustus lantas sesudah pendahulunya, Malcolm Turnbull, digulingkan di partainya.

Malcolm Turnbull ialah pemimpin Australia ke empat yang digulingkan dengan langkah tersebut semenjak tahun 2010. Demikian sebaliknya, Merkel sudah jadi pemimpin Jerman semenjak tahun 2005.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump ikut menanyakan pada Morrison mengenai pergantian kepemimpinan Australia saat kedua-duanya berjumpa di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina.

Kami cuma ikuti saja acara-acara di sini,” kata Morrison pada wartawan mengenai percakapannya dengan Merkel.

Konsolidasi kanan-tengah Morrison sekarang cuma berkuasa menjadi pemerintahan minoritas sesudah dalam penentuan celah belakangan ini kehilangan kursi. Dalam beberapa jajak opini mereka ikut ketinggalan dari Partai Buruh yang beroposisi.

Australia diskedulkan menyelenggarakan penentuan umum tahun kedepan, kemungkinan pada bulan Mei