Penertiban Papan Reklame Tak Berizin di Cirebon Oleh Satpol PP

Penertiban Papan Reklame Tak Berizin di Cirebon Oleh Satpol PP – Unit Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cirebon menertibkan papan iklan ilegal. Beberapa iklan dirobohkan petugas.

Kabid Penegak Perda (Gakda) Satpol PP Kabupaten Cirebon Iwan Suroso menjelaskan penertiban papan iklan jadi agenda teratur yang dikerjakan dengan setahap. Ini hari, Rabu (19/12/2019), pihaknya menertibkan papan iklan tidak berizin yang terpasang di delapan tempat.

“Kita menertibkan di delapan titik, di dua kecamatan yaitu Sumber serta Talun. Kita tidak tebang pilih. Penertiban billboard ini terkait dengan izin, bukan sebab cap atau apa pun,” kata Iwan pada mass media selesai penertiban iklan di muka Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (19/12/2018).

Penertiban itu, Iwan menuturkan, sesuai dengan Perda 7/2014 mengenai Perizinan Iklan. Iwan menjelaskan pihaknya memberi toleransi pada pemilik iklan yang akan ditertibkan.

“Kita berikan waktu optimal sebulan, iya ada perantaraan dahulu untuk beres-beres. Masih kita tertibkan. Sebelum penertiban, kita telah layangkan surat peringatan, satu sampai tiga,” katanya.

Iwan memprediksi beberapa ratus papan iklan di Kabupaten Cirebon memiliki masalah dengan proses perizinannya. Untuk mengidentifikasi apa iklan itu berizin ataukah tidak, katanya, bisa disaksikan dari tempat pemasangannya.

“Barusan kita tertibkan yang di trotoar. Jika berizin itu tentu ditempatkan pemasangannya oleh dinas berkaitan. Keseluruhan yang tidak berizin itu ada beberapa ratus,” kata Iwan.

Petugas Satpol PP sudah sempat beradu mulut dengan salah seseorang pemilik kios hp yang berada di Kecamatan Sumber. Pemilik kios sudah sempat menampik papan iklan yang ada di muka kiosnya ditertibkan. Tindakan sama-sama dorong juga berlangsung. Petugas memberi toleransi pada pemilik kios untuk menertibkan sendiri.