Pendidikan Karakter Dapat Dibentuk Tidak Hanya Melalui Nilai Akademis

Pendidikan Karakter Dapat Dibentuk Tidak Hanya Melalui Nilai Akademis – Selesai ujian akhir semester, Martin seseorang guru mata pelajaran repot mempersiapkan nilai beberapa siswanya. Terkecuali nilai akademis, ia berikan penilaian berkaitan perolehan non-akademis beberapa siswa di sekolah.

Instansi pendidikan tempat ia mengampu di Jakarta Selatan memanglah mengadaptasi kurikulum pelajaran internasional. Penilaian seseorang siswa di sekolah itu dikerjakan tidak semata berdasar pada nilai akademis.

Searah dengan aplikasi program Penguatan Pendidikan Ciri-khas, beberapa guru di semua sekolah di Indonesia juga juga akan lakukan hal sama.

Terlebih dulu, Presiden Joko Widodo menerbitkan Ketentuan Presiden (Perpres) Nomor 87 Th. 2017 mengenai Penguatan Pendidikan Ciri-khas. Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan sampai saat ini masih tetap mempersiapkan Ketentuan Menteri (Permen) berkaitan program itu.

Menurut Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Muhadjir Effendy, satu diantara bentuk riil pendidikan ciri-khas di sekolah yaitu dengan meningkatkan ketertarikan serta bakat siswa.

Oleh karenanya, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan merencanakan mewajibkan semuanya sekolah menerbitkan rapor dengan nilai ganda yang dapat diaplikasikan mulai 2018. Beberapa guru nanti juga akan berikan laporan nilai akademis serta pengembangan kepribadian siswa.

” Rapor ini memaksa guru untuk scouting, mencari ketertarikan serta bakat dari anak itu, ” kata Muhadjir dalam Lembaga Merdeka Barat 9 di kantor Kementerian Komunikasi serta Informatika.