Pekerja Kurang Sadari HIV dan AIDS

PT Bukti Asam (PTBA) yang melalui program CSR, melakukan penyuluhan tentang Kesehatan Penyuluhan Gerakan Nasional Keselamatan Kesehatan Kerja Tahun 2016, mengenai penenganan HIV dan AIDS di kantor PTBA Tanjungenim, Muaraenim.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh GM UPDATE Suhaidi, ada juga Camat Lawang Kidul Rahmat Noviar, serta ratusan karyawan dari PTBA, dan banyak tamu yang diundangan. Ramdani Sirait sebagai Direktur Eksekutif Indonesia Business Coalition on AIDS, yang bertindak sebagai nara sumber dari acara tersebut.

Menurut Ramdani Sirait bahwa tenaga kerja pada saat ini banyak yang tidak sadar mengenai penuakit HIV dan AIDS yang banyak menyebar. Setelah terdeteksi, tidak bisa ditangani dan dilakukan pencegahan serta penanggulangan. Maka dari itu, para karyawan dan masyarakat jangan khawatir untuk melakukan pemeriksaan secara rutin serta mengikuti tes VCT supaya HIV dan AIDS bisa ditanggulangi secara dini.

Kata Ramdani mengatakan bahwa di Indonesia penularan HIV dan AIDS mengenai penularan tersebut sangat cepat di Asia Tenggara adalah Indonesia UNAIDS. Di Indonesia, sekitar 9000 ibu rumah tangga yang terkena penyakit HIV dan AIDS. Penyakit tersebut bisa berada diarea cairan Vagina, cairan semen dan air susu ibu, bentuk penularan penyakit ini adalah melalui hubungan seksual beresiko, dari ibu hamil positif HIV ke bayi, serta pemakaian suntik secara bergantian dengan orang lain dapat menular HIV Positif, serta transfusi darah yang tercemar HIV.