Libur Panjang, Tol Jurusan Cikampek Ramai Lancar

Arus lalu lintas jalan tol dari arah Jakarta menuju ke Cikampek dan juga Cipularang, pada Jumat 9 Desember 2016 terlihat ramai lancar. Meskipun besuk telah mulai libur panjang sampai hari Senin, arus lalu lintas jalan tol itu belum mengalami kepadatan. Pantauan dilakukan di Gerbang Tol Cikarang Utama, ada 14 gardu masih digunakan secara normal untuk melayani pengendara dari arah Jakarta ke Cikampek. Jumlah kendaraan yang melewati gerbang tol itu pada pukul 22.00 WIB terlihat lebih dari 60 ribu kendaraan.

Kakorlantas Brigjen Polisi, Agung Budi Maryoto mengungkapkan, petugas melihat arus lalu lintas pada Gerbang Tol Cikarang Utama sejak Jumat pagi hingga petang tadi. Dari hasil pantauan, pada Jumat siang sempat terlihat ada peningkatan arus dan jumlah kepadatan kendaraan.

“Sudah terdapat peningkatan sepertiga atau sekitar 30 persen dari biasanya,” ungkap Budi Maryoto di Gerbang Tol Cikarang Utama. Pada hari Jumat siang, sudah terjadi kepadatan di sejumlah titik pada ruas jalan tol yang menuju Cikampek dan petugas sudah merekayasa lalu lintas dengan cara membuka contra flow dari kilometer 14 hingga kilometer 21.

“Apabila terdapat antrean panjang ke Cipali, sudah diperintahkan agar Gerbang tol Cikarang Utama akan ditutup separuh, agar tidak macet,” tambah Kakorlantas. Meskipun arus lalu lintas lancar pada hari ini, diprediksi ketika tengah malam nanti hingga dini hari ada potensi untuk peningkatan kepadatan kendaraan di tol yang menuju ke arah Cikampek atau Cipali.