Kerugian Finansial Korban Kejahatan Cyber

Kejahatan Cyber sekarang ini semakin membuat masyarakat merasa resah. Berbagai cara yang dilakukan penjahat Cyber untuk mencuri informasi pribadi konsumen. Namun beriringan dengan banyaknya kejahatan Cyber, masih banyak orang yang kurang paham mengenai bahaya daritindakan criminal Cyber itu.

Data yang diperoleh dari Norton by Symantec bulan Januari 2015 sampai Februari 2016, terhitung di indonesia kerugian finansial karena aksi kejahatan Cyber mencapa 7,6 juta rupiah untuk setiap korban. Data tersebut, menurut Norton jelas bahwa masyarakat indonesia masih kurang antisipasi terhadap bahaya Cyber. Namun, pihak tersebut tak menjelaskan secara rinci dari data tersebut.

Jika ditotal hingga keseluruhan, data kami menunjukkan total kerugian akibat kejahatan Asia Consumer Business, Norton By Symantec, Chee Choon Hong kepada awak media di Jakarta Selasa kemarin. Tidak hanya itu saja, hasil survey dari Norton mengungkapkan bahwa masyarakat indonesia kehilangan kurang lebih 33 jam waktunya selama satu tahun terakhir untuk berurusan dengan dampak dari kejahatan online.

Dengan kejadian kerugian ada pada emosionalnya. Dimana kerugian terbesar dari hal ini adalah ketika kejahatan Cyber menyebabkan kerugian dari segi emosional kepada 5 dari 10 orang atau sebesar 52 persen korban konsumen kejahatan Cyber di Indonesia yang merasa marah setelah menjadi korban.