Kepmen ESDM Tak Cukup Jadi Landasan Beroperasinya Pertambangan di Silo

Kepmen ESDM Tak Cukup Jadi Landasan Beroperasinya Pertambangan di Silo – Warga Kabupaten Jember menampik ada pertambangan di Blok Silo, wilayahnya. Bupati Jember Faida bahkan juga udah menjumpai Menteri Kekuatan serta Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan buat memberikan keberatannya. Ini tanggapan pihak Kementerian ESDM.

Direktur Pembinaan Program Mineral serta Batubara, Muhammad Wafid, memberikan dalam info terdaftar yg di terima, Sabtu (22/9/2018) .

Dikatakannya, pemastian Silo jadi daerah pertambangan terdapat pada lampiran IV Ketentuan Menteri ESDM Nomer 1802 K/30/MEM/2018. Kepmen itu muncul lantaran Pemerintah Propinsi Jawa Timur menganjurkan ke Kementerian ESDM.

” Kepmen diluncurkan sehabis ada masukan Pemerintah Propinsi Jawa Timur lewat surat Kepala Dinas ESDM Propinsi Jawa Timur No 545/981/119. 2/2016 ketinggal 29 Februari 2016 Mengenai Masukan Pemastian WIUP Mineral Logam, ” kata Wafid.

Tetapi, Kepmen ESDM saja gak cukuplah berubah menjadi landasan beroperasinya pertambangan di Silo. Mesti ada pelelangan lokasi upaya pertambangan oleh Pemprov Ja-tim jadi landasan menambang di Silo. Mesti ada juga Ketentuan Gubernur Ja-tim berkenaan pemastian perusahaan pemegang Izin Upaya Pertambangan (IUP) .

” Tanpa ada proses lelang serta Ketentuan Gubernur itu karena itu semua bentuk kesibukan pertambangan di lokasi Silo bisa dikelompokkan jadi pertambangan ilegal, ” kata Wahid.

Apabila Jember gak pengin ada kesibukan penambangan di Silo, karena itu Pemprov Ja-tim gak butuh menghadirkan lelang lokasi upaya pertambangan. Juga, biar penambangan di Silo sungguh-sungguh gak dilaksanakan, pencabutan lokasi Silo dari lampiran IV Kepmen ESDM Nomer 1802 K/30/MEM/2018 bisa dilaksanakan. Tetapi pencabutan lokasi Silo dari Kepmen itu butuh didahului oleh masukan dari Pemprov Ja-tim ke Kementerian ESDM.

” Sehabis ada masukan peninjauan kembali oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur jadi pihak yg menganjurkan pemastian lokasi Silo jadi Lokasi Upaya Pertambangan, ” ujar Wafid.

Wafid memaparkan, Bupati Jember Faidah udah menjumpai Menteri ESDM Jonan pada Kamis (20/9) tempo hari. Faida udah menyediakan beberapa langkah yg butuh ditempuh buat menjawab inspirasi warga dan dinamika yg berkembang ditengah warga Kabupaten Jember.