Jokowi Pastikan Anggraran Untuk Program KIP Kuliah Sudah Tersedia

Jokowi Pastikan Anggraran Untuk Program KIP Kuliah Sudah Tersedia – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenalkan Kartu Indonesia Pandai (KIP) Kuliah pada 3.300 pelajar SD, SMP, SMA Jakarta Selatan penerima pertolongan KIP. KIP Kuliah adalah salah satunya program baru yang akan digerakkan Jokowi jika dipilih kembali jadi presiden pada periode ke-2.

“Anak-anak ku saya berikan ya, kelak ini kan Kartu Indonesia Pandai cuma untuk SD, SMP, SMA, SMK, kelak ke depan kami akan ada kembali KIP untuk kuliah,” tutur Jokowi di SLB Negeri Pembina Lebak Bulus Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Jokowi menjelaskan, pelajar SMA/SMK yang nanti ingin meneruskan pendidikan ke tahap tambah tinggi, bisa memakai KIP Kuliah. Bekas Gubernur DKI Jakarta itu memberi pesan supaya beberapa siswa untuk rajin belajar supaya bisa meneruskan ke bangku kuliah.

“Yang sangat terpenting anak-anak mesti berprestasi serta mempunyai semangat belajar yang baik,” kata Jokowi.

Awal mulanya, calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi menunjukkan beberapa program baru waktu pidato politik bertopik ‘Optimis Indonesia Maju’ dalam Konvensi Rakyat di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Diantaranya, KIP Kuliah.

Ia menjelaskan, penerima Kartu Indonesia Pandai (KIP) kuliah nanti dapat meneruskan pendidikan tinggi sampai ke luar negeri. Menurutnya, program KIP ini diperluas dengan arah supaya pelajar di Indonesia memperoleh pendidikan terunggul.

“Kelak terbawa kuliah. Kuliah itu dapat di kampus, politeknik, dapat dalam negeri, dapat di luar negeri,” kata Jokowi di PLTU Cilacap Jawa Tengah, Senin (25/2/2019).

Jokowi pastikan biaya untuk KIP kuliah sudah disediakan. Walau demikian, ia masih tetap malas menyebutkan keseluruhan uang yang dianggarkan.

“Banyaknya akan besar sekali anggarannya. Kita sediakan besar,” kata Jokowi.