Ini Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Ini Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa – Berpuasa dalam periode waktu panjang, sekitaran 14 jam /harinya sepanjang sebulan penuh dapat membawa pergantian pada badan. Seringkali menyebabkan beragam permasalahan kesehatan. Seperti, permasalahan gigi serta mulut, terlebih bau mulut atau halitosis.

“Selama menggerakkan beribadah puasa, permasalahan bau mulut kerapkali menyebabkan ketidaknyamanan serta kendala dalam pergaulan keseharian. Waktu berpuasa, rongga mulut semakin lebih kering dari umumnya karna tak ada makanan yang dikunyah sepanjang satu hari penuh hingga produksi saliva menyusut. Hal itu mengakibatkan bakteri anaerob penghasil belerang berkembang biak terlebih pada keadaan berkaitan dengan mulut hygieneburuk, ” kata dokter gigi dari Bamed Skin Care Drg Felicia Melati SpKGA.

Untuk meminimalkan bau mulut waktu puasa, Drg Felicia merekomendasikan untuk melindungi kebersihan mulut dengan menyikat gigi serta lidah dengan benar serta teratur sekurang-kurangnya 2 x satu hari, waktu sahur serta sebelumnya tidur pada malam hari.

Berkumur dengan benar waktu wudhu juga dapat menangani keadaan mulut yang condong kering hingga hal itu menolong turunkan resiko bau mulut.

” Perbanyak mengkonsumsi sayur serta buah dan minumlah air putih yang banyak waktu sahur serta berbuka hingga waktu puasa badan tidak kehilangan cairan tubuh, ” tuturnya.

Hal yang tidak kalah utama lakukan kontrol ke dokter gigi. Sayang, biasanya orang-orang tidak sering ke dokter gigi, walau sebenarnya langkah tersebut dapat turunkan resiko bau mulut.

” Waktu pasien datang ke dokter gigi, jadi mulutnya bakal di check secara detail serta hal yang bisa menyebabkan halitosis bisa selekasnya diakukan. Beberapa hal yang bisa dikerjakan sebelumnya puasa untuk hindari halitosis, salah satunya scaling untuk bersihkan serta menyingkirkan karang gigi, penambalan maupun perawatan saraf gigi untuk menangani karies atau gigi berlubang, pencabutan atau ekstraksi untuk gigi berlubang yang telah tidak sangat mungkin dikerjakan perawatan, ” ujarnya.