Gunung Pangonan Jadi Destinasi Baru Dieng

Tujuan wisata dataran tinggi Dieng pasti telah taka sing lagi bagi para wisatawan, baik local ataupun mancanegara. Kawasan yang populer bersama sebutan negeri diatas awan tersebut tidak sedikit sekali ditemukan sejumlah spot wisata menarik, salah satunya pendakian Gunung Pangonan. Gunung tersebut berada di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Wisata tersebut terbilang masih baru yang kini dikelola oleh penduduk setempat.

Walaupun baru, gunung dengan tinggi 2.100 meter tersebut menyuguhkan banyak pemandangan indah yang amat disukai para pendaki. Para pendaki cuma membutuhkan waktu 20 menit saja buat dapat mencapai puncak gunung. Suhu udara yang amat dingin bakal mengiringi para pendaki menapaki tiap medan terjal pada gunung tersebut.

Ketika berada di puncak, para pendaki bakal memperoleh padang savana rumput yang menakjubkan. Terlebih ketika pagi hari, pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbit bersama warna langit yang menawan. Kebanyakan, savana gunung Pangonan kerap dijadikan juga sebagai lokasi berkemah bagi pengunjung tiap akhir minggu. Ticket masuk juga lumayan murah, wisatawan cuma dipungut anggaran pendakian sebesar lima ribu rupiah buat satu orang.

Sekarang ini pendakian gunung Pangonan sudah di lengkapi banyak sarana pendukung. Seperti Basecamp jaga juga sarana toilet umum yang memadai. Bagi pendaki yang tidak mau habiskan tengah malam di alam terbuka, mereka dapat pilih menginap di sejumlah penginapan yang merupakan rumah masyarakat setempat.