Faktor Penyebab Kiper Vietnam Diusir saat Lawan Indonesia

Kemenangan Indonesia bertahan imbang dengan Vietnam 2-2 pada sesi kedua semifinal Piala AFF dan pada akhirnya lolos ke final sebab menang dengan agregat 4-3, tak lepas dari nasib buruk bagi tuan rumah yang harus rela bermain dengan 10 orang pada pertengahan babak kedua.

Dilihat saat menit 76, kiper Tran Nguyen Manh diusir keluar dari lapangan oleh wasit. Keputusan ini sempat membuat bingung para publik yang datang secara langsung ke My Dinh National Stadium, atupun para pemirsa di televisi. Beberapa  pihak sebelumnya menyimpulkan kartu merah kepada Tran Manh sebab dirinya melakukan protes dan menghina terhadap wasit. Tetapi seperti yang dilihat pada media Vietnam, bongdanet.vn, ternyata kartu merah itu akibat dari sang kiper yang melakukan tindakan tercela kepada salah satu pemain Indonesia.

Tran Manh melakukan tendangan pada punggung Bayu Pradana setelah keduanya terjatuh karena saling benturan di mulut gawang. Beruntung bagi Indonesia, sebab mata wasit cukup jeli untuk menyaksikan kejadian tersebut.

Sebelum mengeluarkan kartu merah secara langsung untuk Tran Manh, sang wasit lapangan hijau itu terlebih dahulu berdiskusi dengan para asisten. Apesnya bagi klub Vietnam, ketika Tran Manh diusir, mereka telah melakukan pergantian 3 pemain. Akhirnya, untuk mengisi kekosongan pada bawah mistar gawang, mereka memutuskan bek tengah Que Ngoc Hai sebagai kiper.