Fakta Lagu Canon dan Pachelbel

Bagi para penikmat musik, pasti kenal dengan lagu Canon in D. Musik dan iramanya sangat mudah dikenali dan indah untuk dinikmati. Bahkan beberapa film pun menggunkan soundtrack dengan lagu ini. Lagu ini dibuat oleh Johann Pachelbel di tulis sekitar tahun 1680. Dan merupakan salah satu dari sekian banyak musik karya Pachelbel yang lain.

Johann Pachelbel adalah seorang musisi handal dan terkenal di jamannya hingga saat ini. Pachelbel lahir pada tahun 1653 dan meninggal pada tahun 1706. Pada tahun 1671 ia pindah ke Austria, ia menjadi mahasiswa dan tahun 1692 ia pindah ke Nuremburg dan menetap disana. Lagu Canon ini ditulis sekitar tahun 1680 dan versi aslinya diiringi denan tiga biola, Gigue dan Bass.

Maksud dari Canon tersebut bukanlah berarti “meriam” sperti yang banyak orang pikirkan. Canon adalah istilah bagian dari musik yang karakterisasinya memiliki peniruan(imitasi) atau pengulangan. Instrumen atau vokal pertama untuk memperkenalkan bagian dari melodi, setelah melewati beberapa nada, baru ada pengulangan di instrumen dan vokal di bagian kedua.

Walaupun ia dikenal sebagai komposer musik yang sangat hebat, faktanya, beberapa karya banyak yang hilang. Diperkirakan ia sudah menciptakan lebih dari 200 karya. Johann  Pachelbel saat muda ia bertemu denga keluarga Sebastia Bach, dan menjadi guru dari Johan Christoph Bach.

Lagu Canon sendiri sebenarnya dulu sempat sudah dilupakan orang selama berabad – abad. Dan diperkenalkan kembali oleh Gustav Beckmann di tahun 1919. Setelah terkenal lagu ini dan dilakukanlah penelitian tentang lagu – lagu Pachelbel yang lain. Menurut orang – orang yang membuat lagu ini terkenal adalah kesederhaannya.