Ditolak Hong Kong, Lion Air Putar Balik

Pesawat Lion Air JT-2633 tipe B-744 dengan tujuan penerbangan dari kota Denpasar, Bali menuju ke Herbin, China, yang lepas landas dari Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 03.02 WITA dan telah dijadwalkan sampai dengan tujuan Guangzhou, China pada pukul 10.20 waktu setempat.

Akan tetapi pesawat Lion Air tersebut harus kembali ke Bandara I Gusti Ngurah Rai karena pesawat tersebut tidak memiliki izin terbang di atas kawasan udara negara tersebut, sehingga ditolak untuk melintas oleh otoritas Hong Kong sekaligus memasuki kawasan mereka.

Trikora juga menceritakan mengenai kronologi penolakan menyebutkan bahwa pesawat dengan nomor registrasi PK-LHG yang memasuki kawasan wilayah Hong Kong. Pesawat Lion Air memperoleh penolakan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju bandara Guangzhou yang dijadwalkan tiba pada sekitar jam 10.20 waktu setempat.

Pada sekitar pukul 03.22 WITA Captain Pilot JT-2633 telah sempat mendapatkan peringatan oleh ujung pandang control bahwa pesawat tersebut tidak memiliki Flight Clearence Diplomatic jika melintasi wilayah udara Hong Kong. Alhasil penerbangan yang mereka lakukan tersebut gagal lepas landas hingga terpaksa putar balik kembali ke bandara Ngurah Rai, Pulau Dewata.