Ditemukannya Dugaan Pelanggaran Pemilu Saat Jokowi Kampanye Di Lapangan Karebosi Oleh Bawaslu

Ditemukannya Dugaan Pelanggaran Pemilu Saat Jokowi Kampanye Di Lapangan Karebosi Oleh Bawaslu – Ketua Team Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo- Ma’ruf Amin di Sulsel, Syamsul Bahri penuhi panggilan klarifikasi dari Bawaslu Makassar, Jumat (5/4). Ia dicheck kira-kira dua jam diawali seputar jam 14.00 WITA sampai jam 16.00 WITA.

Ketua Bawaslu Makassar, Nursari menjelaskan, TKD Jokowi-Ma’ruf ini diklarifikasi berkaitan terdapatnya tiga pendapat pelanggaran diketemukan waktu penerapan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka Joko Widodo di lapangan Karebosi, Minggu (31/3) kemarin.

“Pendapat pelanggaran yang diketemukan ini ialah hasil pengawasan team Bawaslu berbentuk pelibatan masyarakat negara yang belum mempunyai hak pilih yaitu anak-anak, pendapat pemakaian sarana negara berbentuk kendaraan dinas berplat merah diantaranya bus Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Timur. Lantas pendapat pelanggaran yang lain ialah pendapat pelibatan Perangkat Sipil Negara (ASN),” kata Nursari, Jumat (5/4).

Masalah pendapat pelibatan ASN ini diantaranya indikasinya, kata Nursari, ialah beredarnya photo surat berkop kantor Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Kesehatan yang berisi seakan pengerahan massa. Menurutnya, Senin (8/4) kelak, dua kepala dinas akan disuruh pula klarifikasi. Ini hari surat panggilannya sudah dikirimkan.

Kontrol sama akan dikerjakan pada Sawaluddin Arief dari Tubuh Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo Sandi. Gagasannya, Senin akan datang, hari yang sama juga dengan gagasan kontrol dua kepala dinas.

“Pemanggilan Team Prabowo-Sandi ini ialah kali kedua-duanya sebab panggilan pertama ia tidak ada. Pendapat pelanggarannya pula sekaitan dengan pelibatan anak-anak dalam kampanye serta kehadiran atribut partai waktu kampanye terbuka yang bukan jadi sisi partai simpatisan pasangan Prabowo-Sandi yaitu bendera Partai Golkar,” pungkas Nursari.