Bulan April Ada Hujan Meteor

Setelah fenomena Gerhana Matahari Total pada bulan Maret kemarin, sepertinya kamu juga harus menyaksikan fenomena alam yang satu ini, yaitu hujan meteor. Fenomena langit yang disebut Eta Aquarids ini akan menemani langit subuh kamu.

Eta Aquarids merupakan sebutan untuk hujan meteor yang terkait dengan Komet Halley. Dengan kata lain, Eta Aquarids adalah meteor sisa buntut Komet Halley yang terpisah ratusan tahun. Diprediksi bahwa hujan meteor ini akan mulai tampak sekitar tanggal 20 April dan terus berlangsung hingga 21 Mei. Sedangkan waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor ini pada 5 sampai 7 Mei 2016.

Pada saat itu, langit menjadi gelap selama bulan baru. Jika beruntung pada waktu itu kamu bisa manyaksikan potongan-potongan kecil dari puing Komet Halley memasuki atmosfer Bumi lalu terbakar. Mereka disebut Eta Aquarids seperti yang biasa muncul dari konstelasi Aquarius. Hujan meteor juga akan lebih jelas terlihat bila kamu bebas dari polusi cahaya dan lampu.

Bersiap-siaplah sejak tengah malam, hujan meteor berlangsung sebelum subuh. Hujan meteor ini bakalan tampak jelas di bumi bagian selatan. Namun, orang-orang di belahan bumi utara dapat menangkap momen ini jika cukup jeli. Terlebih, bila kamu berada dekat khatulistiwa. Pada puncaknya, orang-orang di bumi selatan dapat melihat hingga 30 meteor setiap jam! Jika kondisi cuaca menguntungkan, malahan kamu yang berada di khatulistiwa dapat melihat hingga 10 meteor jatuh tiap jam.