BPOM Musnahkan Obat Dan Jamu Ilegal

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi, pada hari kamis 11 Februari 2016 yang lalu telah memusnahkan jamu tradisional dan obat obatan ilegal. Berdasarkan dari pemantauan dalam proses pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara digilas, sementara sejumlah obat suplemen, kosmetik hasil operasi pasar yang dihancurkan dengan cara membakar.

Kepala Balai POM Jambi Ujang Sapriatna mengatakan bahwa ribuan botol minuman jamu tradisional dan obat obatan tersebut dimusnahkan merupakan hasil operasi pasar semenjak tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 yang lalu.

Dari hasil operasi pasar tersebut ditemukan sebanyak 2.289 buah baik dalam bentuk kosmetik, obat tradisional, suplemen kesehatan hingga pangan yang tidak memiliki persyaratan yang bermanfaat, standart dan mutu. Ujang juga menambahkan bahwa telah memusnahkan sebanyak 2.289 barang illegal tersebut dengan kisaran nominal senilai 650 juta rupiah.

Ujang juga memberikan informasi tambahan bahwa tidak hanya memproduksi tanda mutu akan tetapi juga tidak memperoleh izin untuk dipasarkan dan ada pula zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi. Sama halnya dengan kosmetik yang terdapat zat mercuri yang sangat berbahaya jika digunakan pada kulit wajah dan dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal dalam jangka panjang. Jika digunakan dan sangat membahayakan bagi konsumen.