Bau Limbah Pabrik, Siswa SD II Plesan Terpaksa Harus Memakai Masker

Bau Limbah Pabrik, Siswa SD II Plesan Terpaksa Harus Memakai Masker – Bau busuk menyengat yang datang dari limbah pabrik di Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah buat beberapa puluh siswa SD Negeri II Plesan mesti kenakan penutup hidung (masker) kala ikuti sistem belajar mengajar, Jumat, (12/1) . Keadaan itu telah berkali-kali berlangsung.

Antok, warga setempat mengatakan, bau itu datang dari limbah PT Rayon Paling utama Makmur (RUM) yang ada tdk jauh dari tempat sekolah. Limbah pabrik rayon atau serat tekstil sintetis itu juga mengganggu warga, bahkan juga sekian waktu lalu warga pernah mengungsi.

” Kasihan apabila lihat anak-anak. Ini tentunya sangatlah mengganggu kesibukan belajar. Mereka mesti menggunakan masker untuk kurangi bau busuk yang sangatlah mengganggu. Bau ini datang dari PT. RUM yang telah berkali-kali berlangsung di lingkungan kami, ” katanya.

Tidak cuma siswa, beberapa guru serta karyawan sekolah juga kenakan masker. Warga risau andaikan bau yang dihirup beberapa siswa itu dapat menyebabkan jelek untuk kesehatan mereka di waktu mendatang.

Selain SD Negeri II Plesan, beberapa sekolah juga terdampak bau asap menyerupai tinja yang di keluarkan PT RUM. Di antaranya SD Atakwa, SD Negeri I Plesan serta Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nguter. Akibatnya sistem kesibukan belajar mengajar terganggu.

” Kami menginginkan bau busuk ini dapat selekasnya hilang, kasihan anak-anak. Ya apabila tidak beracun, apabila beracun serta ada resiko periode panjang, siapa yang bertanggungjawab? ” katanya jengkel.

Disamping itu dari pihak PT. RUM sampai pertemuan paling akhir (9/1) tempo hari belum juga dapat memberi kepastian kapan bau itu dapat hilang. Bahkan ada beberapa referensi serta saran untuk kurangi bau itu juga belum juga terealisasi.