Bahayanya Membeli Helm Bekas

Membeli helm bekas atau helm seken merupakan cara alternatif bagi mereka yang memiliki bugdet pas-pasan. Ada beberapa tujuan di Jakarta untuk mencari helm bekas termasuk di daerah Matraman, Jakarta Timur. Disini, para penjual menyediakan berbagai macam helm bekas pakai dengan berbagai model dengan harga miring. Richard Ryan selaku Director Ramo Pro Performance produsen helm RSV, mengatakan sebaiknya konsumen memikirkan berbagai hal sebelum membeli helm bekas tersebut. Konsumen yang ingin membeli harus memperhatikan kualitas dari helm seken.

“Konsumen kan tidak mengetahui bahwa helm bekas tersebut masih layak di pakai atau tidak,” ujar Ryan, Jakarta, Selasa, 22 November 2016. Dia juga mengatakan helm adalah salah satu barang pribadi. Artinya, helm dapat menularkan penyakit jika bersentuhan langsung antara rambut dan kulit. Tetapi pada kenyataannya konsumen malah tidak memperdulikan hal tersebut. “Kebersihannya juga harus di lihat. Usahakan sebisa mungkin jika ingin membeli helm, beli yang baru saja,” katanya.

Ryan mengungkapkan, helm bekas tidak dapat di pastikan tingkat keamanannya. Dia menjelaskan, yang paling berbahaya jika helm bekas tersebut pernah jatuh dan retak, penjual pada umumnya hanya mengakali dengan cara memperbaiki bagian luar saja dan ditutup dengan cat. “Sementara bagian yang dalam seperti styrofoam mungkin sudah retak bahkan terbelah, jadi akan sangat bahaya jika digunakan dan terkena benturan ketika kita jatuh,” ujarnya.