Alasan Iris Bawang Buat Mata Menangis

Bawang merah adalah salah satu bahan yang nyaris tidak sempat ketinggalan dalam beraneka resep makanan. Nyaris seluruh aktivitas masak-memasak di dapur umumnya tidak pernah luput dari mengiris bawang merah. Tetapi, mengiris bawang merah punyai tantangan tersendiri, terutama bagi para anda yang baru mulai mempelajari memasak.

Sebahagian orang mempunyai anggapan bahwa mengiris bawang bukan perkara gampang. Dikarenakan, ketika mengiris, sangat sering mata bakal terasa pedih dan mengeluarkan air mata. Saat diiris, sel-sel terhadap bawang bakal pecah dan mengeluarkan enzim yang memproduksi gas yang dinamakan propanethial sulphoxide. Saat tersebut berkenaan mata, gas dapat bereaksi bersama air mata dan memproduksi asam bernama sulphuric acid dalam kadar ringan.

Otak setelah itu mengirimkan sinyal ke kelenjar air mata buat membuahkan lebih banyak cairan biar gas dan zat asam ke luar dari mata, lantaran dianggap yang merupakan benda asing. Lebih lama dan lebih tidak sedikit bawang yang diiris, bakal makin banyak gas yang dilepaskan dan semakin bercucuran pula air mata kamu. Irwin Goldman, profesor ilmu perkebunan menerangkan, reaksi kimia tersebut adalah upaya tanaman bawang buat mengusir hama.

Biar air mata tidak bercucuran ketika mengiris bawang merah, ada trick yang dapat dilakukan, yaitu bersama membekukan terlebih dulu bawang di dalam freezer sebelum kamu mengirisnya.