Akibat Angin Puting Beliung, Ratusan Rumah Rusak

Angin puting beliung menyerang sebanyak 5 kecamatan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, pada hari Kamis, 22 Desember 2016. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pangkep mencatat, dari lima kecamatan tersebut, sebanyak 182 rumah warga mengalami rusak parah.

Respon cepat dari petugas BPDB Pangkep, Faisal, mengatakan, pada lima kecamatan tersebut yaitu Ma’rang, Mandalle, Sigeri, Pangkajenne dan Labbakkang. Kebanyakan dari rumah yang rusak itu berada di kawasan pesisir.

“Kejadian angin puting beliung ini semenjak Desember sudah terjadi dua kali. Yang pertama dua hari lalu, ada dua rumah rusak. Lalu kejadian tadi. Kerusakan rumah warga ada berbagai macam, mulai dari yang rusak biasa hingga rusak parah,” ujar Faisal saat diwawancarai.

Kerusakan yang paling banyak terjadi pada Kecamatan Mandalle tepatnya di Desa Bo’di. Ada sebanyak 41 rumah yang rusak dengan kategori ringan. Diantaranya terdapat atap rumah yang terbang terbawa angin. Sedangkan yang paling parah atau masuk kategori rusak berat ada di Kecamatan Sigeri tepatnya di Kelurahan Bonto Mate’ne. “Sebanyak lima rumah yang pada bagian atasnya tersebut sama sekali tidak ada apa-apanya. Tidak meninggalkan satu atap pun,” ucapĀ Faisal.

Akibat dari kejadian ini, tidak ada korban yang luka ataupun yang meninggal dunia. Meski demikian, Faisal menegaskan, warga di himbau untuk tetap waspada, mengingat cuaca sedang buruk masih kerap terjadi seminggu terakhir.